Semikonduktor n dan p

Kamis, 25 Desember 2014

Assalamu'alaikum. Para pembaca sekalian, semoga Allah selalu memberi rahmatNya kepada kita semua.

Hari ini saya akan membahas masalah semikonduktor n dan p. Silikon (Si) maupun Germanium (Ge) merupakan semikonduktor yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan semikonduktor Si maupun Ge dapat ditingkatkan dengan penambahan doping dari atom golongan IIIA dan VA.

Jika semikonduktor Ge-doped- Si sendiri, akan menghasilkan semikonduktor yang kekurangan elektron.Sedangkan pada semikonduktor Si-doped-As menghasilkan semikonduktor yang kaya akan elektron. Tambahan elektron menempati tingkat energi dibawah pita konduksi dan karena band gap yang kecil (0,1 eV), elektron dari pita valensi secara termal dapat mengisi pita konduksi (lihat gambar 1)

Gambar 1
Dalam hal pergerakan elektron (muatan negatif), dapat menggambarkan masalah konduktivitas elektrik. Inilah yang disebut semikonduktor tipe n. Sedangkan semikonduktor tipe p adalah semikonduktor yang mengemban muatan positif lebih banyak. Semikonduktor baik tipe n maupun p merupakan semikonduktor ekstrinsik yang sifat-sfiatnya ditentukan dari banyaknya konsentrasi dopan

Terimakasih sudah mau mampir dan membaca

Wallahi'alam

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Google+ Followers