Desikator

Rabu, 24 Desember 2014

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d4/Desiccator.jpg
Assalamu'alaikum. Alhamdulillah puji syukur kita haturkan kepada Allah. Hari ini saya coba membahas mengenai salah satu alat yang sering digunakan dalam praktikum maupun penelitian kimia yaitu Desikator. Apa itu desikator ? Desikator adalah wadah yang terbuat dari bahan gelas atau aluminium yang berfungsi untuk menyerap kandungan air dari suatu bahan (disebut desikan). Ada berbagai jenis desikan yang dapat digunakan antara lain : CaC2 (digunakan untuk eter, menyerap 0,56 gram air/gram desikan), CaSO4 (digunakan untuk sebagian besar senyawa organik, menyerap 0,07 gram air/gram desikan), KOH (digunakan untuk amina), saringan molekul 4X (digunakan untuk molekul yang memiliki diameter efektif  > 4 Å, menyerap 0,18 gram air/gram desikan) dan silika gel (digunakan untuk senyawa organik amina, menyerap 0,2 gram air/gram desikan). 

Pada bagian tutup desikator biasanya diberikan gel petroleum atau pelumas silika. Desikator dapat mengeringkan berbagai senyawa. Biasanya, untuk menjaga keefektifan dari suatu desikator, maka dilakukan penggantian desikan secara berkala dan teratur. Untuk melihat keefektifan dari suatu desikan, maka desikan diberikan pewarna sehingga bila warnanya berubah, menandakan desikan itu perlu untuk diganti.

Ada jenis desikator yang disebut desikator vakum. Desikator ini dihubungkan dengan pompa vakum. Desikator ini menggunakan dry crystal yang dibasahi dengan pelarut organik. Desikator vakum tidak dapat digunakan pada bahan yang mudah menyublim

Semoga artikel tentang desikator ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung

Wallahu a'lam

2 komentar:

 
 
 

Google+ Followers