Transport Solut Melewati Membran

Jumat, 02 Januari 2015

Assalamu'alaikum, para pembaca sekalian. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas transpor solut melewati membran sel.

Setiap sel yang hidup, membuuhkan material dari lingkungannya untuk dapat melakukan biosintesis dan menghasilkan energi serta harus melepaskan produk metabolismenya ke lingkungan. Beberapa senyawa non-polar dapat larut dalam lemak bilayer dan mampu melewati membran dengan mudah. namun beberapa senyawa polar maupun ionik membutuhkan protein membran untuk dapat melewati membran.

Karenanya, senyawa polar maupun ionik harus memerlukan energi untuk dapat melewati membran sel. Energi itu dapat berupa hasil hidrolisis ATP atau dapat juga berasal dari pelarut (solut) yang secara elektrokimia mampu membawa senyawa lain. Senyawa ionik juga mampu melewati membran melalui proses difusi melewati membran bilayer.

Hasil intermediet dari metabolisme ada juga yang digunakan intraseluler dan harus melewati membran intraseluler. Proses transpor pada membran intraseluler biasanya juga dimediasi oleh protein

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Google+ Followers