Pengalaman Saat Menjadi Mahasiswa

Kamis, 01 Januari 2015

Assalamu'alaikum, para pembaca sekalian. Kali ini, tidak seperti tulisan biasanya, kali ini saya akan membagi pengalaman saya saat masih menjadi mahasiswa.
Tak terasa, tepat pada tanggal 7 November 2014, saya resmi menanggalkan gelar "mahasiswa" menjadi gelar "sarjana" (karena sudah yudisium, alhmadulillah dengan IPK 3,80) dan diwisuda pada tanggal 18 Desember 2014.

Tak terasa, waktu 4 tahun begitu cepat, rasanya baru kemarin ormik, eh rupanya udah lulus sekarang. 

4 tahun yang lalu, saya ingat persis ketika saya baru datang ke kampus, Universitas Tadulako. Kampus terbesar di sulawesi tengah. Kampus yang mencetak banyak pemimpin. Setelah pergi ke gedung BAAK untuk lihat pengumuman, eh rupanya saya lulus di jurusan Kimia, FMIPA. Sebelumnya saya dafar di 2 jurusan yaitu Kimia dan Matematika (dua-duanya FMIPA).

Selama menjadi mahasiswa, banyak suka dukanya, mulai dari tugas ormik yang aneh-aneh, laporan yang menumpuk, ujian yang soalnya cuma 2 nomor tapi jawabannya 4 halaman, pengalaman berlembaga (selama menjadi mahasiswa saya bergabung di 3 lembaga yang berbeda), mengikuti berbagai kompetisi olimpiade (Alhamdulillah pernah 3 kali ke tingkat nasional), penelitian yang gak kelar-kelar, skripsi yang ngabisin 7 rim kertas, sampai akhirnya resmi menyandang gelar sarjana sain (S.Si).

Yang paling berkesan saat menjadi mahasiswa adalah pada saat kita down. Kenapa ? Karena menurut saya disiyulah kita mendapatkan motivasi paling besar. Saya jadi ingat, pada suatu kompetisi ilmiah yang pernah saya ikuti, beberapa orang meragukan apa yang saya buat (waktu itu saya buat panel surya menggunakan semikonduktor dan zat warna), bahkan ada yang sampai bilang kalau hal tersebut impossible. Saya sempat putus asa, dan ingin menyerah, namun seorang senior saya terus memotivasi untuk tidak menyerah dan tetap ikut dalam kompetisi. Alhamdulillah, Allah memberikan anugrahNya, saya dan tim berhasil meraih berbagai prestasi diantaranya, 30 besar nasional project science OSN Pertamina 2013, peringkat 3 nasional MUN UI 2014, peserta babak final PIMNAS UNDIP 2014.

Sebenarnya, masih banyak pengalaman lain selama kuliah, mulai dari yang paling menyakitkan sampai paling menyenangkan, tapi udah mulai panjang nih tulisan, sampai sini dulu yah :)

Wallahu a'lam

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Google+ Followers